Almageda Profil

Selasa, 24 September 2013

Peluang usaha yang dirasakan Almageda Profil

Kerajinan kayu (woodcraft) bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni yang dikenal hingga ke mancanegara yang memiliki jenis kerajinan kayu yang berbeda-beda sehingga makin menambah keragaman budaya negeri ini. Kerajinan kayu (woodcraft) tersebut ketika ditekuni ternyata bisa menjadi sebuah usaha yang memiliki prospek menjanjikan, terutama bagi daerah yang selama ini menjadi salah satu tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara.
Peluang itulah yang selama ini ditekuni Almageda Profil dengan memproduksi kerajinan berbahan baku kayu sejak tahun 2010. Memiliki latar belakang keluarga tukang dan pengrajin kayu. Dibantu empat orang tenaga produksinya, Almageda mampu menghasilkan rata-rata 4000-5000 buah produk kerajinan kayu ulir dan profil setiap bulannya. Produksi kami 50 % melayani pesanan dan 50 % untuk dipasarkan melalui tenga pemasran. 

Membuat kerajinan kayu membutuhkan ketelatenan dan ketekunan ekstra karena detail produk harus diperhatikan dengan cermat. Tidak semua orang bisa mengerjakan beberapa tahapan dalam pembuatan kerajinan kayu, sehingga hal itu bisa menjadi sebuah kelemahan sekaligus keunggulan bagi pengrajinnya.


Proses produksi Aneka Kerajinan Kayu
Untuk memperoleh hasil kerajinan yang memiliki kwalitas yang bagus, Almageda Profil mencoba menguraikan tahapan-tahapan produksinya. Tahapan pertama adalah penentuan ide desain produk. Berikutnya dilanjutkan dengan pembuatan ukuran dan bentuk produknya. Langkah berikutnya yaitu proses gergaji, produk tersebut diukir untuk menyempurnakan bentuknya. Kemudian dilakukan pembakaran untuk menghaluskan dan mengeringkan kayu. Hasil pembakaran yang meninggalkan hitam gosong digosok dan dihilangkan. Tahapan selanjutnya peamplasan. Untuk ide desain produk, Almageda Profil lebih banyak mengangkat model tradisional dan nasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar